Laman

10 Merk Dagang Termahal di Dunia

Kekuatan merek sebuah produk seringkali mendongkrak kinerja perusahaan baik di sektor jasa maupun barang konsumsi. Apalagi, di tengah dunia social media saat ini, keberadaan merek bisa jadi mengangkat pendapatan sebuah perusahaan.

Hal itu pula yang mendasari BrandZ dan Millward Brown Optimur mengeluarkan daftar 100 merek paling berharga di seluruh dunia. Berdasarkan laman BrandZ yang dikutip VIVAnews.com, Selasa, 10 Mei 2011, nilai merek itu memperhitungkan pendapatan dan survei yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendapatan bisa meningkatkan kedekatan merek bagi konsumennya.

BrandZ berfokus pada merek yang berorientasi pasar, terutama untuk menghasilkan pendapatan dan keuntungan melalui penjualan barang dan jasa langsung kepada konsumen atau pelanggan bisnis.


Pemeringkatan merek ternama di dunia ini diluncurkan sejak 13 tahun yang lalu dengan data yang terus diperbarui, sehingga mengandung informasi dari hasil wawancara kepada lebih dari 2 juta orang di 30 negara. Data ini dianalisis menggunakan informasi keuangan milik publik yang tersedia di Bloomberg, Kantar Worldpanel, dan sumber lainnya.

Hasil survei itu juga menunjukkan merek-merek dari negara berkembang memperoleh keuntungan besar, di mana selusin merek China masuk dalam daftar 100 merek termahal di dunia. Merek-merek lain banyak beredar di berbagai wilayah di dunia, khususnya Amerika Serikat, seperti McDonalds dan Coca Cola.

Walau tidak masuk 10 besar dunia, merek produk seperti BlackBerry, Toyota, Facebook, Shell, dan Nike merupakan bagian dari 100 merek yang dianggap bernilai tinggi bagi perusahaan.

BlackBerry misalnya, perangkat telepon genggam yang terkenal dengan fasilitas chatting-nya itu diperkirakan memiliki nilai merek sebesar US$24,6 miliar. Dibandingkan tahun sebelumnya, nilai merek BlackBerry tersebut turun sebesar 20 persen. BlackBerry berada pada posisi ke-27 dari 100 merek berharga di dunia.

Di antara 100 merek tersebut, Facebook tercatat sebagai merek yang tumbuh paling tinggi dibandingkan merek lainnya. Merek produk hasil karya Mark Zuckerberg ini diperkirakan bernilai US$19,102 miliar atau tumbuh 246 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada pemeringkatan BrandZ, Facebook berada di posisi ke-35 dari 100 merek paling berharga dunia.

Sementara itu, lembaga keuangan Citi yang memiliki cabang di Indonesia dan tengah memperoleh sorotan publik, juga tercatat sebagai salah satu merek paling bernilai di dunia dan berada di posisi ke-47. Merek Citi diperkirakan bernilai US$15,67 miliar atau berada di posisi ke-11 di antara lembaga keuangan internasional.

1. Apple


Nilai merek: US$153,3 miliar.

Ini adalah merek yang memiliki nilai paling mahal di dunia saat ini. Apple dianggap sukses menjadi sebuah merek yang banyak mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan berbagai inovasi dari produk iPad2.

Merek Apple juga dianggap komplit karena berhasil memasukkan budaya pop, serta menciptakan kesadaran ekstra tinggi. Pengetahuan masyarakat yang tinggi pada produk Apple tentunya identik dengan harga (uang).

Produk Apple yang semakin terkenal di masyarakat internasional juga terbukti dari meningkatnya nilai merek Apple sebesar 84 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

 2. Google

Nilai merek: US$111,5 miliar.

Perusahaan penyedia jasa pencarian di internet ini menghadapi kemunduran dalam meluncurkan program baru maupun upayanya melakukan ekspansi bisnis di China. Namun, Google masih tercatat sebagai merek raksasa yang masuk dalam kategori merek teknologi yang paling diinginkan berbagai pihak, merek paling terpercaya dan banyak direkomendasikan.

Kemunduran Google juga terlihat dari nilai merek yang mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu sebesar minus dua persen.

Google Android, salah satu program sistem operasi telepon genggam, telah mencetak sukses besar, dan menjadi platform telepon genggam cerdas (smartphone) yang paling laku.

3. IBM

Nilai merek: US$100,8 miliar.

Perusahaaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi informasi ini tidak terlalu banyak melakukan ekspansi bisnisnya. IBM hanya berusaha untuk terus menjadi perusahaan penyedia komputer terbesar di dunia.

Aksi tantangan antara supercomputer dan manusia yang terkenal dengan istilah The Watson-Jeoprady secara meyakinkan telah mengangkat publisitas dari perusahaan itu.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, IBM merupakan salah satu merek yang mengalami pertumbuhan nilai sebesar 17 persen.

4. Mc Donald

Nilai merek: US$81 miliar.

Jika dibandingkan dengan posisinya tahun lalu, nilai merek McDonald's tumbuh sebesar 23 persen. McDonald's sebagai waralaba perusahaan makanan raksasa di dunia terus melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai belahan dunia. Tujuannya, tak lain dan tak bukan, untuk menemukan permintaan baru dari masyarakat di belahan Rusia dan meningkatkan permintaan dari China.

5. Microsoft

Nilai merek: US$78,2 miliar.

Saat ini, sistem operasi Windows 7 mencatat sukses besar. Di bagian lain, sistem video games dari Microsoft juga semakin populer dibanding sebelumnya, dan sekarang sedang mengembangkan platform berbasis Azure untuk digunakan pada pengembangan IOS.

Meski demikian, tidak sampai setahun, Microsoft sudah berusaha untuk mempertahankan agar pangsa pasar tidak terus turun. Nilai merek Microsoft tahun ini diperkirakan naik dua persen dibandingkan tahun sebelumnya

6. Coca-Cola

Nilai merek: US$73,8 miliar.

Coca Cola diketahui memiliki pendapatan terbesar setelah mampu menguasai pasar dunia. Catatan terakhir menunjukkan pendapatan terbesar Coca Cola berasal dari Rusia dengan kontribusi mencapai 24 persen. Jika dibandingkan dengan posisinya tahun lalu, nilai merek Coca Cola tahun ini tumbuh 8 persen.

 7. AT&T

Nilai merek: US$69,9 miliar.

AT&T memiliki uang yang cukup banyak setelah menjalin kerja sama dengan iPhone. Namun, pangsa pasar mereka akan sedikit terganggu setelah iPhone membuka kerja sama dengan Verizon. Hingga saat ini, AT&T masih tercatat sebagai operator telepon kabel terbesar di Amerika Serikat.

8. Marlboro

Nilai merek: US$67,5 miliar.

Marlboro masih menjadi salah satu merek termahal di dunia kendati pemerintah di berbagai dunia mengeluarkan peringatan kesehatan serta kebijakan-kebijakan untuk mengurangi jumlah perokok. Marlboro diperkirakan menyumbang sumber utama pendapatan perusahaan.

Nilai merek Marlboro tahun ini meningkat 18 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

9. China Mobile

Nilai merek: US$57,3 miliar.

Sebagai perusahaan milik pemerintah, China Mobile merupakan operator telekomunikasi terbesar di dunia dengan pelanggan sebanyak 600 juta orang. Namun, saat ini, China Mobile harus mampu bersaing di tengah serbuan perusahaan telekomunikasi lain seperti China Unicom dan China Telecom yang mengeluarkan keunggulan telekomunikasi berteknologi 3G.

Dibandingkan tahun lalu, nilai merek China Mobile meningkat 9 persen.

10. General Electric


Nilai merek : US$50,3 miliar.

GE tetap mengalami pertumbuhan pada 2011 kendati hal-hal di luar pendapatan dari faktor merek, menghasilkan pendapatan lebih rendah. Jika dibandingkan dengan posisi 2010, nilai merek GE tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 12 persen. 


KLIK SKIP AD IKA KELUAR IKLAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...