Laman

Tips Mengatasi dan Mencegah Pikun

1. Tidak mengonsumsi alkohol
Mereka dengan memori yang kuat ternyata jarang mengonsumsi minuman-minuman beralkohol, karena ternyata alkohol dapat merusak sistem saraf dan melemahkan kemampuan otak.

2. Menonton televisi tidak lebih dari satu jam setiap harinya
Orang-orang berdaya ingat kuat jarang melihat tontonan-tontonan yang tidak terlalu penting, kecuali tontonan yang sifatnya mengedukasi. Mereka lebih sering membaca ketimbang menonton.

3. Sering membaca novel
Dengan membaca novel, otak akan dilatih berpikir dan menebak-nebak apa yang akan terjadi. Alur cerita novel yang berliku-liku akan membuat otak terus berpikir tapi dalam bentuk petualangan otak yang lebih menarik dan seru.

4. Selalu menyilang-nyilangkan dan menyambung-nyambungkan data

Kemampuan otak akan terus meningkat ketika data yang masuk ke dalamnya terhubung satu sama lain. Dengan menghubung-hubungkan seperti itu, sebuah data akan tersimpan dan tertanam dalam otak lebih kuat lagi.

5. Tidak pernah lupa mengonsumsi ikan

Ikan diketahui merupakan sumber protein yang berfungsi meregenerasi sel-sel mati. Sel-sel otak pun harus terus diregenerasi. Beberapa jenis ikan seperti salmon dan sarden mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan sel-sel otak dan kemampuan mengingat seseorang.

Tips Perawatan Printer

Kali ini saya mencoba memberikan mengenai tips merawat printer. Beberapa tindakan maksimal bisa kita lakukan untuk mencegah kerusakan seperti cara pakai dan penggunaan yang baik dan benar. Tapi berbicara mengenai kinerja, usia printer ternyata juga turut mempengaruhi hal ini. Berikut adalah tips merawat printer baik yang menggunakan inkjet (tinta cair) maupun printer yang menggunakan cartidge :

1. Penggunaan printer memang tidak dibatasi akan tetapi sebaiknya digunakan secara berkala dan teratur. Jangan biarkan printer tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Pastikan setiap hari printer harus dapat dipakai untuk mencetak serta pastikan hasil cetakannya sempurna. Usahakan cetakan berimbang dalam hal warna sehingga diharapkan seluruh kepala tinta dapat bekerja semua sesuai dengan warna yang ada, hal ini bertujuan menjaga agar tinta pada seluruh kepala tinta tidak mengering.

2. Jangan biarkan Inkjet dalam keadaan kosong dalam waktu cukup lama lalukan segera pengisian inkjet apabila tinta mulai habis.

3. Dalam melakukan isi ulang khususnya saat melepas cartridge, jangan sampai menyentuh pin CMOS (ditandai dengan gambar telapak tangan yang di silang). Karena CMOS tersebut sangat sensitif dapat berakibat listrik statis yang berasal dari tubuh kita.

4. Gunakanlah merk tinta yang sama saat isi ulang sehingga kualitas warna dan bahan tinta pun sama, kalaupun berbeda pastikan tinta pada cardtridge telah benar-benar habis. Hal ini untuk menghindari menyumbat lubang tinta pada kepala tinta.

5. Saat mencetak untuk lakukan tes maupun print sebaiknya menggunakan kertas baru supaya tidak mengakibatkan macet pada printer. Jika terjadi demikian dapat mengakibatkan kotor dibagian roll printer.

6. Bersihkanlah printer secara berkala dengan menggunakan kuas dan semprotan, saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan mati.

7. Matikan printer sesuai prosedur jangan langsung mencabut kabel listriknya karena pada saat itu system bios printer masih aktif sehingga dapat mengakibatkan system bios error, selain itu mematikan printer dengan mencabut langsung kabel listriknya menyebabkan capping head printer pada printer saat itu mungkin belum pada posisi yang benar.

Tips Memilih Proyektor Yang Baik

Aktivitas kerja yang berhubungan dengan presentasi atau rapat lainnya membutuhkan yang namanya proyektor yaitu sebuah alat atau perangkat untuk menampilkan gambar pada layar proyeksi atau permukaan serupa sehingga dapat dengan jelas presentasi yang di utarakan, sebelum membeli proyektor untuk pendukung kerja setidaknya kita harus mengetahui bagaimana harus memilih proyektor sesuai kebutuhan kita.

Sebagai referensi sebelum memilih proyektor ada baiknya mencari sumber di internet sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam aktivitas kerja, berikut memilih proyektor yang sebagai referensi dan diperhatikan saat ingin membeli.

1. Pencahayaan, setiap multimedia mempunyai settingan yang dapat disesuaikan sesuai penglihatan mata, satuan ukurannya adalah ANSI atau lumens. pada lumens ini memberikan tingkat suatu gambar seperti semakin besar lumens, semakin terang gambar yang diproyeksikan dan semakin terang suatu ruangan maka semakin tinggi tingkat lumens yang diperlukan.

2. Resolusi, hal ini sering digunakan sebagai jumlah pixel dalam pencitraan gambar digital, pengukuran resolusi ini sama dengan monitor PC semakin besar resolusinya semakin besar pula ukuran layar dan akan banyak yang bisa ditampilkan biasanya ukuran standar 800 x 600

3. Contrast Rasio,
sistem ini biasanya ada pada settingan proyektor tersebut tap setidaknya dapat mengetahui seberapa jelas contrast rasio ini berfungsi, mengukur bagian tergelap dan bagian paling terang sehingga dapat memperkirakan tingkat cahaya proyektor dapat disesuiakan sesuai dengan kondisi pencahayaan di ruangan.

4. Bobot,
perihal yang satu ini penting kadangkala harus dibawa ketempat tujuan dimana harus melakukan presentasi hal ini berkaitan dengan keperluan proyektor itu sendiri karena sudah banyak saat ini proyektor yang dapat dibawa dengan bobot ringan dan kecil, akan tetapi bila proyektor ini hanya ditaruh diruang kerja untuk tidak secara mobile boleh saja dengan ukuran yang cocok untuk kantor presentasi.

Tips Cermat Memilih Laptop

Saat ini perkembangan teknologi informasi semakin berkembang dan pesat. Sumber informasi melalui internet juga menjadi faktor utama yang mendukung perkembangan teknologi. Termasuk didalamnya ialah keberadaan laptop yang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas di dunia maya sebagai pengganti komputer. Selain bisa dibawa kemanapun, dengan laptop aktivitas kita akan dimudahkan disamping bentuk yang simpel dan berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh laptop itu sendiri.

Perkembangan jejaring sosial serta kebebasan orang untuk mengakses internet via wifi di ruang publik seperti mall, cafe, sekolah, kampus dan area internet lainnya mendorong orang untuk membeli laptop. Perlu diketahui banyak ragam dan jenis, tipe serta merk yang ditawarkan oleh produsen laptop dengan berbagai fitur-fitur yang menarik, oleh sebab itu kita harus cermat memilih laptop sesuai dengan kebutuhan kita mengingat laptop bukanlah barang yang murah. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sebuah laptop :

1. Tentukan kegunaan dan fungsi laptop jika anda akan membelinya,
pastikan apakah laptop nantinya berfungsi untuk mengajar, membuat program, mendesain, bermain game, sebagai developer sistem, aktivitas diluar kantor, atau kegiatan ringan seperti browsing dan chatting. Ada beberapa yang harus dicermati menurut fungsinya :
- Jika laptop hanya digunakan untuk penunjang sarana mengajar seperti hanya untuk pengetikan, pengolahan data, office program yaitu word, powerpoint, presentasi dan lain-lain, maka sebaiknya laptop memiliki prosessor intel celeron dan RAM 128 MB keduanya sudah dapat memadai aktivitas tersebut.
- Jika anda seorang programmer, desain grafis atau gamers sejati yang harus diperlukan laptop yang menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Gunakan laptop dengan kemampuan lebih tinggi dapat memilih dengan teknologi multi core dan berarsitektur 64 bit.
- Laptop untuk seorang developer biasanya menggunakan aplikasi software developing oleh sebab itu membutuhkan resource yang cukup tinggi, selain disarankan untuk menggunakan teknologi multi core dan arsitektur 64 bit anda harus mempertimbangkan prosessor dan memori yang memiliki spesifikasi sangat tinggi karena aplikasi dan developing memiliki tools yang sangat banyak memakan memori.
- Laptop hanya untuk dibawa berpergian, kegiatan mobile, melakukan aktivitas sehari-hari seperti kegiatan browsing, chatting, sebaiknya lebih memilih laptop para perangkat yang mampu bertahan lama seperti pada umur baterai, beban berat laptop, ukuran layar, dan fitur internal koneksi seperti modem, bluetooth, kabel data, WiFi serta webcam.

2. Pilihlah laptop dengan merk yang sudah terkenal atau branded,
hal ini juga dapat menjadi referensi karena biasanya merk identik dengan kualitas yang ditawarkan oleh pembeli.

3. Mencari referensi harga, hal ini dapat dilakukan dengan cara browsing atau website toko yang menyediakan situs untuk layanan online dalam menentukan harga, fungsinya untuk menyesuaikan dengan dana dan kebutuhan laptop yang diinginkan. Selain itu sebagai tolak ukur saat membeli laptop.

4. Pertimbangkan layanan purna jualnya, hal ini mengingatkan anda yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebagai masukan bila laptop ingin di jual kembali dan mengganti spesifikasi lebih baik lagi dari sebelumnya. Yang perlu diperhatikan yaitu layanan garansi, tempat service resmi serta tempat yang memiliki jaringan layanan luas. Kemudahan memproleh spare part sehingga kita dapat mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan laptop kita dan mudah mendapatkannya, lalu harga jual bekasnya pun tetap tinggi dengan memilih laptop merk terkenal sehingga jika dijual kembali akan tetap tinggi.

Itulah beberapa yang harus dicermati bagi kita yang akan memilih dan membeli laptop, sehingga tidak menyesal jika barang kita beli nantinya mengecewakan kita sendiri. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang ingin membeli laptop.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Membersihkan CPU

perawatan secara berkala terhadap pc dapat memberikan pengaruh yang signifikan atas usia pakai pc itu sendiri, bukan semata debu dan kotoran yang akan selalu bertambah didalam casing pc yang perlu dibersihkan melainkan beberapa part mekanik yang juga perlu dilumasi dengan pelumas. Terlebih pada pc-pc yang digunakan pada kantor, warnet, dan tempat-tempat lain yang menuntut pc bekerja secara terus-menerus. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan pc :

1. Memutus arus listrik, lepas semua kabel yang terhubung dengan sumber listrik dan peripheral lain, semisal keyboard, mouse, monitor dan printer. Pastikan tak ada lagi kabel menuju cpu.

2. Bersihkan power supply unit (psu), power supply yang kotor karena debu dapat membuat temperatur didalam power supply melonjak, terlebih bila kipas yang ada didalam psu bergerak lamban karena kotor oleh debu dan tak terlumasi dengan baik. Lepaskan kabel psu yang menuju mainboard, lepaskan baut-baut yang mengikat psu pada casing, bila masa garansi psu anda telah berakhir maka tak perlu ragu untuk membuka penutup psu, langkah ini akan mempermudah anda membersihkan psu, bersihkan seluruh debu dengan kuas kecil yang lembut dan tiup dengan kompresor bertekanan rendah atau dengan alat peniup (blower). Semprot bearing pada kipas dengan wd40, teteskan minyak pelumas pada bearing kipas. Pasang kembali tutup body psu.

3. Bersihkan ram, harddisk, cd rom. Lepas semua komponen tersebut dari dudukannya. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan komponen-komponen tersebut. Khusus untuk ram, perhatikan kaki-kaki konektor yang berwarna keemasan, bila warna kakinya terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan penghapus pensil, dan lihat hasilnya, kaki-kaki konektor ram akan mengkilat, kondisi ini akan memperbaiki kualitas hantaran antara ram dengan mainboard.

Tips Hindari Mata Lelah Di Depan Monitor

Bila anda bekerja di depan komputer tampak pandangan terfokus pada monitor untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan, pernah mengalami kelelahan pada mata ? Hal ini tergantung pada kekuatan mata saat berkerja di depan layar monitor. Jika anda merasakan pening atau pedih pada mata maka harus dihindari karena lambat laun akan merusak penglihatan anda, berikut adalah tips menjaga kondisi mata kita.

1. Jaga jarak mata pada monitor.
Pastikan jarak anda dengan monitor sesuai dengan yang disarankan oleh para ahli mata, jarak aman antara mata dan monitor yaitu 20-40 inci (50-100 cm) dari mata. Jika terlalu dekat berbahaya juga untuk mata oleh sebab itu perhatikan posisi duduk anda dengan monitor tersebut, seandainya masih kesulitan melakukan aktivitas kerja seperti membaca padahal sudah berada pada jarak ideal coba lakukan dengan membesar ukuran fontnya sehingga kita merasakan nyaman saat melakukan aktivitas di depan komputer.

2. Gunakan LCD, singkirkan CRT

Hal ini berhubungan dengan alat atau piranti hardware anda, saat ini perkembangan teknologi sangat tinggi, apalagi untuk monitor komputer hampir sebagian besar menggunakan layar LCD. Oleh sebab itu gunakan piranti LCD dibanding CRT, CRT merupakan monitor tabung yang memberikan efek yang kurang baik untuk mata selain itu CRT membutuhkan energi listrik sangat besar. Perbandingannya satu monitor CRT sama saja menggunakan lima monitor LCD, atau solusi yang lain jika masih menggunakan CRT yaitu menggunakan filter anti radiasi hal ini untuk meminimalisir pandangan langsung terhadap monitor.

3. Setting monitor
Monitor yang ada saat ini banyak menyediakan preset display mode sehingga dapat memudahkan kita mengganti setting pada layar monitor, termasuk memberikan level pada brightness dan hal ini juga harus disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.

4. Pakai kacamata anti radiasi

Tips keempat ini memang merupakan saran akan tetapi ada baiknya jika anda memiliki cukup biaya untuk membeli kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi dapat dikatakan relatif mahal tapi efektifitas dalam fungsinya sangat berguna bila kita menggunakan komputer yang berbeda. Kacamata anti radiasi dapat dibawa kemana-mana selain itu dapat berfungsi bukan hanya melindungi mata dari monitor akan tetapi dari cahaya lampu mobil, radiasi tv dan lainnya.

5. Istirahatkan mata secara berkala

Berikutnya cara termudah yang kita dapat lakukan yaitu mengistirahatkan mata secara berkala, sehingga tidak terus difokuskan pada pekerjaan di depan monitor, setidaknya membutuhkan lima hingga sepuluh menit untuk melakukan istirahat terhadap mata. Bukan hanya istirahat saja, anda dapat melakukan aktifitas penyegaran mata dengan melihat sekitar kita sebagai alihan normalitas pada mata atau dapat dilakukan juga dengan mencuci muka supaya kita merasa segar.

Tips ini semoga dapat menjadi jalan keluar bagi anda yang memiliki aktifitas sangat tinggi di depan monitor, tidak salahnya sesuatu yang baik itu dilaksanakan untuk kesehatan khususnya mata agar dapat terjaga dengan baik. Selamat mencoba....

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Perawatan Berkala Pada Kamera DSLR

Hampir perangkat elektronik yang beredar berbasis teknologi tinggi dengan perangkat gadget berbagai kemampuan dan fitur lainnya, termasuk kamera saat ini pecinta fotografi baik pemula maupun profesional makin berkembang apalagi dengan para pemula yang baru membeli kamera digital SLR. Perawatan kamera DSLR ini sangatlah penting bagi pemula untuk menambah awet kamera akan maupun setelah digunakan.

Awalnya pemilik kamera DSLR biasanya begitu perhatian dengan gadget ini, tapi karena kesibukan bisa saja kita mengabaikannya. Oleh sebab itu, DSLR nayatanya butuh perawatan yang baik dari si empunya. Berikut beberapa hala yang harus diperhatikan dalam kamera DSLR :

1. Perhatian terhadap bodi kamera

Kamera DSLR yang utama adalah bodi kamera karena merupakan bagian terluar yang menonjol dan sering digunakan, untuk itu bersihkan bagian luar bodi dengan kain lembut serta gunakan blower untuk menyingkirkan debu yang nempel pada bagian disetiap bodi. Setelah itu menggunakan blower brush untuk kotoran yang agak sulit dibersihkan, perhatikan juga bagian dengan me-lock up mirror ke atas jika ingin memblower bagian sensor tap ingat bagian sensor adalah bagian yang sangat sensitif jangan sembarang jika anda tidak paham betul.

2. Perawatan lensa
mempunyai lensa dengan berbagai ukuran jangan sekali-kali menyentuh bagian optik lensa dengan menggunakan jari hal itu akan menimbulkan bekas, untuk itu gunakan selalu filter pelindung serta pakai lens hood. Jika tidak digunakan selalu perhatikan bagian lensa tutup lensa sehingga setidaknya dapat mengurangi debu menempel hingga terjadi jamur, bersihkan lensa dengan menggunakan blower untuk menyingkirkan debu setelah itu gunakan lens brush lalu lens cloth jika terdapat noda pada lensa.

3. Baterai
Untuk perawatan dari bagian baterai tidak terlalu menyulitkan hanya saja jangan mencharger batarai secara berleihan, cabut segera jika sudah penuh serta jika kamera tidak digunakan cabut baterai untuk tidak menimbulkan kelembaban dan gunakan baterai original.

4. Memori Card

Jika tidak digunakan sebaiknya memori card dilepas dan tempatkan pada tempatnya, untuk mengindari kerusakan akibat debu yang menempel serta terhindar dari benda bermedan magnet, hal ini dilakukan untuk lebih awet dalam menggunakan kartu memori.

5. Penyimpanan kamera

Kamera seperti DSLR itu harus disimpan dalam udara sejuk untuk terhindari dari kelembaban, atau jika mempunyai dana lebih perlu memiliki drybox yaitu wadah yang mampu mengatur kelembaban dalam menyimpan kamera DSLR. Atupun cara yang mudah dengan menyimpan dalam kantung plastik berklip serta berikan silica gel didalamnya taruh ditempat kering serta sejuk dan jauhkan dari benda bermagnet.

Semoga tips untuk merawat perangkat gadget anda seperti kamera DSLR yang anda miliki dapat awet, sehingga dapat digunakan kembali. Lakukan perawatan pada kamera DSLR anda secara berkala, kalau memang mengalami kerusakan yang cukup parah sebaiknya serahkan kepada ahlinya untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Merawat Televisi LCD

Pasar membaca kemauan para konsumen terhadap barang elektronik mereka butuhkan. Kebutuhan televisi merupakan salah satu alat hiburan diminati orang banyak sehingga saat ini kebutuhan membeli televisi menjadi sesuatu yang primer. Bagi kita yang ingin membeli atau mempunyai televisi dengan berbagai merk tentunya mendambakan sebuah LCD TV atau TV dengan tampilan layar datar sebagai pilihan utama.

Jika sudah mempunyai televisi LCD bukan berarti tidak membutuhkan perawatan. Teknologi terkini mengarah kepada televisi LCD tidak lagi televisi tabung yang diperjuabelikan. Perawatan televisi LCD mudah saja akan tetapi perawatan ini harus berkala dan diingat selalu untuk menghindari sesuatu yang tidak memungkinkan berikut perawatan televisi LCD :

1. Pada prinsipnya sama dengan perangkat gadget dengan menggunakan layar LCD akan tetapi televisi merupakan kebutuhan yang terkadang setiap hari di tonton, oleh sebab itu perhatikan suhu dan kelembaban udara sehingga jika memungkinkan menggunakan penyejuk udara karena penggunaan produk elektronik salah satunya televisi LCD akan meningkatkan suhu udara.

2. Layar LCD seperti televisi sangat rentang terhadap debu dan cairan sehingga perlu menjaga kebersihan ruangan televisi yang letaknya biasanya diruang keluarga, khusus debu dapat menyebabkan perubahan pada warna serta penurunan kualitas warna oleh sebab itu untuk mencegah sebaiknnya menggunakan screen protector yang biasanya merek tertentu sudah menggunakan screen protektor sebagai tambahan fitur.

3. Untuk membersihkan layar LCD televisi anda gunakan kain yang lembut dan cairan khusus pembersih monitor yang biasa digunakan oleh PC komputer, sebelumnya saat pembersihan pastikan kontak listrik dalam keadaan mati serta jangan pernah langsung melakukan penyemprotan pada layar sebaiknya semprot ke kain lembut supaya tidak berantakan.

4. Lokasi yang tepat untuk televisi LCD biasanya diruang keluarga tapi jika ingin di pindah dilokasi yang lain sebaiknya berhati-hati karena setiap perangkat gadget layar LCD sangat rentan terhadap goncangan termasuk televisi, apalagi terjadi goresan kecil di layar akan menimbulkan gangguan saat menonton sehingga mengurangi kualitas gambar.

5. Jika televisi LCD anda mengalami kerusakan sebaiknya langsung memanfaatkan kartu garansi, jangan pernah membongkar sendiri kerusakan tersebut karena biasanya kalim garansi akan di tolak.

6. Usahakan jauhkan televisi LCD anda dari benda elektronik lainnya yang mempunyai medan magnetik besar sehingga dapay mengurangi kualitas gambar dan tampilan, apalagi terkena langsung dengan sinar matahari.

Tips untuk perawatan televisi LCD ini setidaknya dapat mengingatkan kembali akan barang elektronik berupa televisi LCD dirumah anda, perawatan yang rutin dan semakin awet usia televisi yang digunakan hampir 24 jam non stop digunakan.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Merawat Keyboard

Bila mempunyai perangkat hardware seperti komputer dirumah, kadang kurang diperhatikan karena mungkin sebagian besar aktivitas didepan komputer lebih banyak berada dikantor anda bekerja. Tapi sering kali juga bagian pada hardware komputer seperti keyboard menjadi nomer sekian untuk membeli satu unit perangkat hardware komputer.

Oleh sebab itu lakukan perawatan berkala pada perangkat hardware seperti keyboard yang merupakan nomer sekian padahal perangkat hardware tersebut merupakan bagian dari input device dalam mengoperasikan komputer. Untuk mengetahui bagaimana perawatan dari keyboard berikut tipsnya :

1. Bila anda yang ingin membeli keyboard pastikan beli keyboard yang memiliki branded name dengan begitu merk yang sudah terkenal dijamin reputasinya walaupun tetap kita harus waspada selalu mengkroscek terlebih dulu, apalagi bandrol yang dipatok barang yang mempunyai nama tersebut memang cukup tinggi tapi ini berkaitan dengan kualitas.

2. Periksalah semua sudut keyboard yang terpenting adalah tombolnya carilah yang lunak jika terlalu keras akan menyebabkan jari saat mengetik cepat lelah dan pegal, diperhatikan juga jangan terlalu lunak atau empuk hal ini kadangkala menimbulkan sensitifnya tombol bila tersentuh.

3. Terkadang saat melakukan pembelian kita dihadapkan pada pilihan huruf pada tombol keyboard oleh sebab itu Pilihlah keyboard sesuai jenis huruf yang sering Anda gunakan karena terdapat keyboard dengan huruf Alfabet, Arab, China, dan sebagainya. Ini penting hal ini untuk memudahkan Anda bekerja.

4. Jangan sungan saat anda membeli selalu bertanya untuk kenyamanan anda untuk mengecek setiap tombol pada keyboard dengan menyambungkannya ke komputer ditoko anda sebelum membeli. Hal ini dimaksudkan apakah semua tombol berjalan dengan baik, jika tidak kesempatan untuk mengganti yang lain.

5. Pemilihan warna rasanya juga penting jika kita memilih warna gelap kita tidak mengetahui keyboard kita dalam keadaan kotor atau tidak, hal ini lebih baik mencari warna yang cerah sehingga kita dapat membersihkan keyboard secara berkala. Jika tidak menyukai warna cerah yang mencolok penglihatan anda pilihlah warna agak gelap tidak terlalu cerah.

6. Pilihlah keyboard standar yang anda gunakan apakah untuk game atau perangkat kerja multimedia, biasanya keyboard multimedia memiliki jumlah tombol yang lebih banyak, apalagi bagi kalian yang seorang gamers kebutuhan keyboard menjadi yang terpenting untuk merespon permainan yang dimainkan.

7. keyboard tanpa kabel alias wireless saat ini sangat banyak sebaiknya pilih keyboard wireless hal ini dimaksudkan untuk terlihat rapi sehingga tidak direpotkan dengan kabel keyboard. Kalau juga memilih keyboard sebaik dengan port USB tapi diusahakan kabel tidak terbelit dan tertekuk.

8. Jauhi dan tidak meletakkan sesuatu yang berat di atas tombol keyboard hal ini dapat mengurangi kenyamanan untuk menggunakannya.

9. Hindari keyboard dari percikan air baik kopi debu dari abu rokok maupun kebiasaan makan didepan komputer hal ini yang menyebabkan keyboard selalu kotor, jika masuk ke dalam sela-sela keyboard tentunya menjadi penghambat kinerja keyboard serta menyebabkan kaki-kaki pada tombol terhambat dengan tumpukan kotoran didalamnya.

10. Perawatan dan pembersihan dilakukan secara berkala terutama terhadap sela-sela tombol keyboard gunakan kuas atau air spray, penyemprot udara hal ini untuk lebih detail dalam pembersihannya. Selain itu lakukan pembersihan dilakukan dengan posisi terbalik hal ini untuk memudahkan keluarnya kotoran dari sela-sela tombol.

Tips Merawat Layar Sentuh iPad

Perangkat gadget saat ini makin kaya dengan fitur yang amat canggih apalagi kehadiran iPad dan LCD layar sentuh yang membuat ragam teknologi yang ditawarkan menjadi pilihan bagi penggunanya, hampir para produsen teknologi mengusung era baru dunia layar sentuh yang merambah diberbagai ponsel yang berbasis smartphone.
Akan tetapi dengan dunia layar sentuh kita dituntut untuk dapat hati--hati untuk saat menggunakan karena LCD dari iPad dan layar sentuh lainnya merupakan bagian yang paling vital, perlu dijaga dan dirawat dengan baik sehingga dapat menggunakan lebih lama dan terhindar dari kerusakan yang sangat parah nantinya.
Memang belum banyak service center dari suatu provider produk iPad pastikan garansi masih berlaku jika mengalami kerusakan parah, akan tetapi tidak salahnya untuk memberi saran untuk merawat serta menjaga iPad anda. Kebiasaan saat menggunakan iPad bila layar kotor atau berminyak secara tidak sengaja maupun sengaja kebiasaan mengelap layarnya menggunakan kaos atau baju justru hal tersebut memperburuk layar akan terdapat goresan akibat kain kaos atau baju yang kasar maupun partikel debu yang menempel pada layar tersebut.
Untuk itu perawatan yang benar jangan lakukan kebiasaan tersebut gunakan alat khusus dengan penghembus udara atau blower untuk menghilangkan kotoran termasuk menggunakan tisu khusus untuk LCD, sebagai sarannya dapat diberikan stiker protector atau stiker pelindung LCD. Selain itu tingkat rentan terhadap gadget iPad terdapat pada bodynya oleh sebab itu untuk berikan keamanan dari goncangan dapat diberi tas khusus iPad dan pelindung karet.
Sang pemilik juga harus tahu benar bahwa gadget seperti iPad sangat rentan juga terhadap sesuai yang lembab atau panas tinggi tempatkan pada udara yang normal dan sejuk, apalagi saat melakukan charger baterai jangan samapi menunggu baterai mati total baru dicharger, hal tersebut merupakan tindakan yang tidak disarankan. Perhatikan betul indikator baterai termasuk bila sudah full charger segera cabut, jika terjadi over akan berakibat baterai tidak awet.
Perawatan inilah harus berkala yaitu memperhatikan software yang digunakan karena aplikasi tidak dapat digunakan, hal tersebut disebabkan kerusakan software karena crash program ketidaksempurnaan saat mengunduhnya. Untuk itu disarankan untuk para pengguna iPad memiliki akun pribadi disitus resmi Apple, sehingga dapat mengunduh program resmi yang dikeluarkan Apple untuk iPad. Jika terjadi kerusakan pada program dan dianggap parah sebaiknya langsung ke ahlinya dan jika terjadi kerusakan parah manfaatkan kartu garansi diservice center iPad.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN
 

Tips Mencegah Virus Di Komputer Anda

Di Indonesia masyarakatnya mulai keranjingan dengan gadget yang bermacam model dan style, mudah mendapatkannya dengan berbagai variasi harga dan kualitas. Tapi tidak mengetahui bagaimana virus itu masuk melalui perangkat gadget yang anda miliki seperti PC tablet, PD, Iphone dan ponsel lainnya, untuk itu perlu mencegah gadget USB terjangkit virus hingga mungkin piranti gadget anda tidak dapat digunakan sama sekali. Lakukan pencegahan berikut ini sebagai antisipasi awal pada piranti anda.

1. Selalu lakukan scan antivirus.
Kita tidak pernah tahu komputer atau perangkat yang terhubung pada piranti gadget kita terjangkit virus atau tidak oleh sebab itu selalu terbiasa untuk melakukan scan antivirus terlebih dahulu, apalagi jangan sembarangan piranti gadget kita terhubung dengan komputer di warnet karena bisa dibilang disanalah gudangnya virus bila para pemilik warnet tidak melakukan rutinitas scan virus di komputernya.

2. Jangan sembarangan mendownload file

Kebiasaan memburu file atau musik melalui piranti gadget kita yang terkoneksi internet menjadi salah satu virus masuk bisa jadi spyware atau adware masuk dengan cara mengunduh sembarang file, untuk pencegahan pilih sumber aplikasi mengunduh yang jelas atau over the air yaitu provider ponsel atau piranti gadget anda menyediakan aplikasi server untuk kebutuhan pengunduhan file yang dibutuhkan.

3. Instal antivirus
Selalu pasang antivirus saat membeli perangkat gadget anda, atau tanyakan tentang antivirus yang cocok untuk gadget yang anda pilih kepada pemilik toko atau provider gadget sehingga ada referensi yang lebih baik untuk lakukan instal antivirus.

4. Lakukan Imunisasi
Selain memasang antivirus bukan berarti aman dengan kondisi piranti gadget anda, lakukan juga imunisasi pada piranti, hal ini bertujuan mencegah dari ancaman malware, contohnya aplikasi autorun.inf yang berjalan secara otomatis maka lakukan pencegahan dengan lakukan aplikasi yang banyak disediakan seperti USB Virus Scan dengan begitu dapat mendeteksi dan membuang langsung bila ada indikasi malware.

5. Lakukan backup data
Pencegahan berikutnya bisa lakukan dengan cara mengbackup kontak telepon, data penting lainnya yang tersimpan di piranti gadget anda. atau dengan lakukan layanan online untuk membackup data di ponsel atau piranti gadget.

6. Jangan sembarangan terima file
Jangan asal terima file atau data dari orang yang tidak kenal karena ada aplikasi mengirim pesan atau bluetooth yang sekaligue dapat mengirimkan adware ke ponsel atau piranti gadget.

Semoga tips ini menjadi pencegahan awal untuk piranti gadget anda, sehingga bukan hanya membeli saja setidaknya anda mengetahui apa yang harus di lakukan untuk pencegahannya bila terjadi sesuatu pada piranti gadget anda.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Membersihkan Laptop

Laptop dan notebook adalah barang elektronik yang perlu untuk kita rawat. Tentunya kita ingin agar barang kita tersebut tampak selalu bersih dan kinclong khan?

Kali ini ane mau membagi tips bagaimana sih cara membersihkan laptop ataupun notebook secara benar, aman dan praktis agar tidak menimbulkan bekas pada kedua barang tersebut.

1. Anda dapat menggunakan kapas basah yang telah teredam dengan air dalam membersihkan bagian luar atau bagian eksterior dari laptop Anda. Jangan menggunakan larutan pembersih rumah tangga dalam membersihkan bagian eksterior, gunakan alkohol untuk menghilangkan substansi yang tidak dapat dibersihkan dengan air pada laptop.

2. Mencegah debu dari udara masuk dan keluar dari laptop. Ini tidak baik karena dapat menyebabkan overheating. Anda dapat menghilangkan debu, kotoran, rambut, atau zat lain yang menggunakan kompresi udara atau menggunakan kapas/cotton but. Jika Anda akan menggunakan udara bertekanan untuk membersihkan debu itu adalah ide yang baik, untuk tempat pertama yang harus dibersihkan sebuah benda kecil di antara bilah kipas untuk mencegah lebih dari berputar yang dapat merusak kipas pendingin laptop.

3. Tidak seperti keyboard desktop, tombol keyboard laptop tidak dapat dibuka (pengalaman ane). Oleh karena itu saya menyarankan untuk membersihkan menggunakan kain lembab. Anda juga dapat gunakan udara bertekananan untuk menyemprot semua debu, kotoran, atau rambut dari di-antara tombol. Anda juga dapat menggunakan penyedot debu kecil untuk menghisap dan menghapus setiap kotoran dan debu.

4. Membersihkan touchpad juga penting. Anda dapat menggunakan kain kain lembab untuk membersihkan permukaan touchpad. Membersihkan touchpad laptop Anda akan membantu meningkatkan sensitivitas touchpad laptop Anda.

5. Kotoran, debu, dan sidik jari dapat menyebabkan layar komputer laptop Anda akan sulit untuk dibaca dan tentu saja tidak bagus. Membersihkan layar Laptop memerlukan prosedur pembersih khusus karena tidak seperti monitor CRT layar laptop tidak terbuat dari kaca. Dalam membersihkan LCD spray setiap cairan pembersih tidak langsung pada layar. Jangan juga menggunakan handuk kertas pada layar LCD. Gunakan kapas lembut dalam membersihkan LCD. Anda dapat menggunakan alkohol untuk kain dan usap layar dengan kain lembab jika ada zat yang tidak bisa dihilangkan dengan kapas.
Untuk lebih lengkapnya baca trit ane Tips Perawatan Televisi LCD karena hampir sama dengan layar LCD


Membersihkan Laptop Dengan Cara Singkat


Pembersihan

Sebelum membersihkan laptop, baca dulu petunjuk pemakaian laptop anda. Biasanya disitu ada cara-cara yang dianjurkan untuk membersihkan.

Pembersihan umumnya dilakukan setahun sekali. Tapi jika anda sering membawa laptop bepergian, bersihkan lebih sering.
• Gunakan kain katun yang lembut untuk membersihkan bagian luar laptop.
• Gunakan cairan pembersih computer yang dianjurkan.

Caranya : campur satu bagian alcohol dengan satu bagian air, aduk rata.
• Semprotkan cairan pembersih pada lap, jangan langsung ke laptop. Usapkan lap perlahan sehingga debu dan kotoran yang melekat hilang.
• Bersihkan hingga kebagian yang tersembunyi, seperti lubang skrup.

Layar

• Bersihkan layar hanya ketika laptop mati. Sebab, dalam keadaan layar gelap itulah kotoran terlihat jelas. Disamping itu untuk menghindari kerusakan.
• Gunakan kain lembut seperti katun untuk membersihkannya. Jangan handuk, serbet atau kain lain yang dapat meninggalkan serabut dan goresan pada laptop anda.
• Jangan menggunakan cairan ammonia untuk membersihkan layar, karena bisa memburamkan tampilan layar. Gunakan cairan khusus pembersih computer. semprotkan cairan itu pada lap, lantas usapkan kebagian yang hendak dibersihkan. Usap searah dari kiri kekanan atau dari atas ke bawah. Dan yg penting gunakan Screen Protector pada LCDnya agar bisa tahan lama.

Keyboard

• Agar keyboard tidak cepat kotor, usahakan untuk tidak makan atau minum saat mengetik.
• Sebaiknya anda membersihkan keyboard saat laptop dalam keadaan mati. Jika tidak atur agar tombol-tombol tidak berfungasi.
• Gunakan kain lembut yang sudah dibasahi cairan pembersih untuk mebersihkannya. Kemudian ulangi dengan mengusapkan kain kering, atau bisa gunakan Koas Halus.
• Sesekali gunakan vacuum cleaner kecil untuk menyedot kotoran. Dan jangan lupa gunakan Silikon Protection Keyboar agar tidak kotor & terlindung dr Air

laptop yang berbeda juga memiliki cara yang berbeda untuk membongkarnya. Jika Anda merasa ragu Saya sarankan untuk membawa laptop Anda ke pusat perbaikan berwenang untuk memeriksa dan memberikan solusi yang paling cocok.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Memelihara Laptop Tetap Awet

Tips lainnya untuk keawetan laptop dan software :

1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.
Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

2. Jangan letakkan laptop di lantai.
Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.
Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.

Seringkali penulis jumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.
Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.

Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop.
Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri.
Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

9.Gunakan laptop anda ditempat yg lebih bebas (terbuka) agar suhu laptop trs tidak terlalu panas.
 
 
KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Tips Menghemat Baterai Laptop

1.Optimisasi Power Settings
Tampilan pada layar dan hard disk adalah dua sumber konsumsi baterai terbesar. Kebanyakan laptop datang dengan skema penggunaan energi yang dapat memperpanjang baterai laptop anda. Pastikan anda memilih "Max Power" untuk menghemat sebanyak mungkin tenaga.

2.Redupkan Layar Anda
Semakin terang layar anda, semakin banyak tenaga yang dibutuhkan. Jika anda tidak dapat bekerja dengan yang redup, setidaknya buatlah ia secara otomatis menjadi lebih redup saat tidak digunakan.

3.Singkirkan Peralatan Eksternal

Singkirkan atau matikan USB saat tidak digunakan.

4.Jangan mengalirakan listrik saat kondisi laptop menyala 
Ketika ingin mencharge baterai pastikan laptop anda mati dan jikalau ingin menggunakan listrik lepas baterai anda lalu kemudian tancapkan kabel listriknya.

KLIK SKIP ADD JIKA KELUAR IKLAN

Sejarah Candi Borobudur

Asal Usul Sejarah Borobudur – Candi borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Indonesia yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur didirikan sekitar tahun 800-an Masehi oleh para penganut agama Buddha Wahayana. Dalam sejarah candi borobudur, terdapat berbagai teori yang menjelaskan asal usul nama candi borobudur. Salah satunya menyatakan bahwa nama borobudur kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara yang artinya “gunung” (bhudara) di mana di lereng-lerengnya terletak teras-teras.

Selain itu terdapat beberapa etimologi rakyat lainnya. Misalkan kata borobudur berasal dari ucapan “para Buddha” yang karena pergeseran bunyi menjadi borobudur. Penjelasan lain ialah bahwa nama ini berasal dari dua kata “bara” dan “beduhur”. Kata bara konon berasal dari kata vihara, sementara ada pula penjelasan lain di mana bara berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya kompleks candi atau biara dan beduhur artinya ialah “tinggi”, atau mengingatkan dalam bahasa Bali yang berarti “di atas”. Jadi maksudnya ialah sebuah biara atau asrama yang berada di tanah tinggi.

Sejarawan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar doktor pada 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan. Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah raja Mataram dari wangsa Syailendra bernama Samaratungga, yang melakukan pembangunan sekitar tahun 824 M.

Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad. Dalam prasasti Karangtengah pula disebutkan mengenai penganugerahan tanah sima (tanah bebas pajak) oleh √ár? Kahulunan (Pramudawardhani) untuk memelihara Kam?l?n yang disebut Bh?misambh?ra. Istilah Kam?l?n sendiri berasal dari kata mula yang berarti tempat asal muasal, bangunan suci untuk memuliakan leluhur, kemungkinan leluhur dari wangsa Sailendra. Casparis memperkirakan bahwa Bh?mi Sambh?ra Bhudh?ra dalam bahasa sansekerta yang berarti “Bukit himpunan kebajikan sepuluh tingkatan boddhisattwa”, adalah nama asli Borobudur.

Sejarah Penemuan Komet Halley

DALAM setiap abad ada banyak komet ditemukan, hadir dengan cahaya yang lebih terang dan spektakuler. Namun, dari sekian banyak komet yang pernah tercatat dalam sejarah kehidupan umat manusia, hanya komet Halley yang melegenda, paling sering diingat, dan dibicarakan orang. Ya, Halley, komet periode pendek yang melakukan “penampakan” setiap 75 atau 76 tahun sekali. Hanya saja, sebelum abad ke-17, komet tersebut tidak dikenali sebagai objek yang sama saat ia muncul pada periode kemunculan berikutnya. Berkat jasa Edmond Halley-lah kita kemudian mengetahui perilaku kemunculan komet tersebut.

Edmond Halley

Edmond Halley, astronom dan matematikawan Inggris, adalah orang pertama yang mempelajari komet tersebut dan kemudian percaya bahwa komet tersebut adalah komet periodik, yang datang tiap beberapa tahun. Ia melakukan pengamatan terhadap komet tersebut pada tahun 1682. Setelah yakin bahwa objek yang diamati memiliki kesamaan dengan dua komet yang diamati Petrus Apianus pada tahun 1531 dan yang diamati Johannes Kepler di Praha pada 1607, Halley kemudian berkesimpulan bahwa tiga komet tersebut adalah objek yang sama dan akan selalu muncul tiap 76 tahun

Bakat luar biasa Halley sudah terlihat sejak ia masih kanak-kanak. Halley lahir tanggal 8 November 1656, dari sebuah keluarga kaya raya di Haggerston, Shoredith, dekat London, Inggris. Ayahnya, yang bernama sama dengannya, Edmond Halley, adalah seorang pengusaha pembuat sabun dan menjual produknya ke seluruh Eropa. Namun, pada saat Halley berusia 10 tahun, ayahnya jatuh bangkrut menyusul terjadinya kebakaran besar yang menghanguskan harta benda milik mereka. Meski demikian, sang ayah tetap berusaha memberi pendidikan terbaik kepada anaknya dengan menyekolahkan Halley ke sekolah pilihan, St. Paul. Saat di sekolah inilah Halley memperlihatkan bakatnya yang luar biasa, memiliki kemampuan sama hebatnya untuk musik klasik dan matematika, mengobservasi perubahan dalam variasi kompas dan mempelajari benda-benda antariksa.

Pada usianya 17 tahun, Halley masuk ke Queen’s College Oxford (1673). Ketika masuk, Halley seolah sudah mempersiapkan diri sebagai seorang pakar astronomi dengan sejumlah peralatan yang memadai yang dibeli oleh ayahnya. Ia mulai bekerja dengan John Flamsteed pada 1675, seorang astronom Royal Society London, yang membantunya dengan berbagai pengamatan. Dalam kertas kerjanya yang dipublikasikan di the Philosophical Transaction of the Royal Society pada 1675, John Flamsteed memperkenalkan Edmon Halley, seorang anak muda penuh bakat dari Oxford, yang hadir pada berbagai pengamatan dan membantu Flamsteed secara hati-hati dalam banyak kegiatan pengamatan.

Sejarah Asal Usul Text Lorem Ipsum

Apakah Lorem Ipsum itu ?
Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf. Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.

Mengapa Kita Menggunakannya ?
Sudah merupakan fakta bahwa seorang pembaca akan terpengaruh oleh isi tulisan dari sebuah halaman saat ia melihat tata letaknya. Maksud penggunaan Lorem Ipsum adalah karena ia kurang lebih memiliki penyebaran huruf yang normal, ketimbang menggunakan kalimat seperti "Bagian isi disini, bagian isi disini", sehingga ia seolah menjadi naskah Inggris yang bisa dibaca. Banyak paket Desktop Publishing dan editor situs web yang kini menggunakan Lorem Ipsum sebagai contoh teks. Karenanya pencarian terhadap kalimat "Lorem Ipsum" akan berujung pada banyak situs web yang masih dalam tahap pengembangan. Berbagai versi juga telah berubah dari tahun ke tahun, kadang karena tidak sengaja, kadang karena disengaja (misalnya karena dimasukkan unsur humor atau semacamnya)

Dari Mana Asalnya ?

Tidak seperti anggapan banyak orang, Lorem Ipsum bukanlah teks-teks yang diacak. Ia berakar dari sebuah naskah sastra latin klasik dari era 45 sebelum masehi, hingga bisa dipastikan usianya telah mencapai lebih dari 2000 tahun. Richard McClintock, seorang professor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum. Setelah ia mencari maknanya di di literatur klasik, ia mendapatkan sebuah sumber yang tidak bisa diragukan. Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah "de Finibus Bonorum et Malorum" (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. BUku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, "Lorem ipsum dolor sit amet..", berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.

Sejarah Asal Usul Dadu

Bentuknya sepele, yaitu kubus yang keenam sisinya di beri tanda berupa titik mulaio dari satu hingga enam titik. Kalau diperhatikan, titik - titik di dua bidang yang berhadapan selalu berjumlah 7. Misalnya titik 1 berpasangan dengan titik 6, titik tiga berpasangan dengan titik 4, dan titik 2 berpasangan dengan titik 5. Itulah dadu yang menyimpan hukum probabilitas matematika.

Diduga, dadu kubus dengan pendandaan praktis serupa adadu modern sudah ada sejak tahun 600 SM, bahkan 2000 SM, berdasarkan bukti berupa beberapa dadu yang ditemukan saat ekskavasi makam di Cina dan mesir. Sedangkan di India, sejak lebih dari 2000 tahun silam, sudah ada catatan tertulis pertama tentang dadu dalam epik berbahasa Sansekerta, Mahabharata.

Menurut Sophocles (495-406 SM), dadu ditemkan oleh seorang yunani saat penyerangan ke Troya. sedangkan Herodotus (484 - 425 SM ) berpendapat, bangsa Lydia - kerajaan kuno di sebelah barat ASia kecil di masa pemerintahan Raja Atys - sebagai pencetus ide pembuatan dadu. Tapi dua pendapat itu ditolak arkeolog. Menurut penemuan meraka, dadu sudah di pakai di peradabanlebih awal. Termasuk dalam kelompok itu adalah suku Indian Amerika Utara, Aztec dan Maya. Masyarakat kepulauan sekitar Pasifik, Eskimo dan Afrika. mereka punya permainan dengan dadu dari berbagai materi, bentuk dan cara penandaan yang aneh.

Dadu - dadu itu ada yang berasal dari biji buh prem dan persik, biji-bijian, tulang rusa dan lembu, tanduk rusa kulit biji walnut, kelereng, keramik, serta gigi berang-berang dan tikus tanah.

Pada peradaban selanjutnya di Yunani dan Romaw, meski dadu umumnys terbuat dari tulang dan gading, ada yang bermterikan perunggu,serta aneka batu-batuan mulai marmer, akik, kristal oniks, porselen, dll. bentuknya pun tak hanya kubus tetapi juga piramida, penthahedral, dan octahedral dengan sejumlah variasi permukaan.

Pada masyarakat primitif dadu semula alat untuk meramal masa depan. biasanya, terbuat dari tulang pergelangan kaki domba yang ditandai di empat bidangnya.

Sejarah Minuman Bir (Beer)

Bir adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Bir merupakan minuman beralkohol yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan kemungkinan yang tertua. Selain itu, bir juga adalah minuman terpopuler ketiga di dunia, di bawah air dan teh

Di seluruh dunia, ada lebih dari 20.000 merek bir yang diolah dalam 180 cita rasa, mulai dari bir keras (ales), lagers, pilsner dan bir hitam sampai bir pahit, cream ales dan iced beers.

Bir telah menjadi minuman terkenal sejak lama. Prasasti tanah liat di Babilon menjelaskan dengan rinci resep pembuatan bir di tahun 4.300 sebelum masehi. Bir juga telah dibuat oleh bangsa Cina kuno, Asiria dan Inka.

Sebuah tulisan di Mesir pada tahun 1600 sebelum masehi menuliskan 100 resep pengobatan dengan menggunakan bir. Beberapa tahun yang lalu, New Castle Brewery di Inggris mengolah 1.000 botol Tutankhamun Ale berdasarkan sebuah resep kuno yang telah berumur 3.200 tahun yang ditemukan di kuil matahari Ratu Nefertiti

Pembuatan bir secara komersil dimulai di tahun 1200 masehi di suatu tempat yang dikenal sebagai Jerman saat ini. Di tahun 1506, Undang-undang Jerman tentang kemurnian dikeluarkan, mensyaratkan bahwa kandungan bir adalah hanya air, barley (sejenis tumbuhan semacam gandum), gandum dan buah hop. Pembotolan bir dimulai di tahun 1605.

Proses pembuatan bir
Bir dibuat dalam suatu proses yang mengubah air dan bebijian dengan memakai ragi sebagai katalis. Mutu dari air yang digunakan sangatlah penting. Air yang pekat akan menghasilkan bir dengan rasa yang lebih tajam, air yang tidak begitu pekat akan menghasilkan bir dengan rasa lebih ringan. Barley atau buah hop, atau kombinasi keduanya digunakan bahan bebijian.

Sejarah Adidas

Sejarah merk sepatu yang sangat terkenal ini dimulai pada tahun 1920 oleh Adi (Adolf) Dassler di ruang cuci milik Ibunya. Waktu itu Adi Dassler membuat proyek kecil-kecilan dengan membuat sepatu olahraga. Karena tingginya kualitas sepatu yang dihasilkannya, akhirnya bisnis kecil-kecilan tersebut mulai membuahkan hasil. Pada tahun 1924, Adi Dassler dan saudaranya Rudolf Dassler mendirikan “Dassler Brothers OGH” yang nantinya menjadi cikal bakal Adidas sekarang.

Komitmen Adi Dassler pada kualitas, membawa Dassler Brothers sebagai produsen sepatu berkualitas tinggi, sehingga sering dipakai oleh atlit-atlit legendaris masa itu untuk Olimpiade. Puncak keterkenalan sepatu Dassler Brothers adalah ketika Jesse Owen menjadi atlit paling sukses pada Olimpiade Berlin pada tahun 1936 dengan mengenakan sepatu buatan Dassler.


Pada tahun 1948, Adi dan Rudolf memutuskan untuk berpisah dan masing-masing membuat merk sepatu sendiri. Rudolf membuat merk sepatu ‘Puma’ sedangkan Adi membuat merk ‘Adidas.’ Pengambilan nama Adidas berasal dari nama Adi Dassler dengan menggabungkan nama depan Adi dan satu suku kata nama belakang Dassler yakni ‘das’ sehingga menjadi kata ‘Adidas’. Sekadar informasi bahwa nama asli dari Adi Dassler adalah Adolf Dassler, tapi orang Jerman sering memanggil nama Adolf sebagai Adi. Didukung oleh kemajuan bidang penyiaran dan pertelevisian, adidas menikmati keuntungan dari event olahraga seperti Olimpiade atau sepakbola, karena logo 3 stripes mereka mudah dikenali dari jauh. Ia pun mendafarkan logo 3 stripes sebagai trademark dari adidas. 3 stripes yang diciptakan agar kaki stabil, namun akhirnya menjadi

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...