12 Pilar Marketing merupakan rangkuman konsep pemasaran yg sangat dahsyat, yakni 12 cara menyentuh target market. Kebanyakan orang hanya melakukan sebagian saja. Padahal, jika mampu melakukan kedua belas pilar ini, orang tersebut akan mendapatkan hasil yg sangat dahsyat!
1. Publik Relation, Publisitas, atau Press Release
Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release, padahal hal itu adalah sarana awareness yg paling murah dan efektif karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang sekaligus. Bagaimana caranya?
• Harus layak berita
• Kirim kepada lebih dari 1 majalah
• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah2 yg dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yg paling cepat memberikan respons yg boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif
• Follow up dengan telepon
2. Referral
Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalah member get member.
3. Endorsement
Yang menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan referral. Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak seorang lainnya maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement satu orang bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya
4. Advertising
Iklan ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal, Majalah, Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio, Kartu Nama, dll
5. Direct Mail
Biasanya direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan yg siapapun membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk direct mail adalah Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker Nomor Penting, dll
6. Direct Sales
Direct sales adalah penjualan yg dilakukan secara langsung kepada target market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak penting dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari penjualan kita. Kita harus selalu memberikan insentif dan training yg memuaskan
1. Publik Relation, Publisitas, atau Press Release
Banyak orang tidak menggunakan atau jarang menggunakan sarana press release, padahal hal itu adalah sarana awareness yg paling murah dan efektif karena dalam sekali kesempatan (waktu) bisa menyentuh banyak orang sekaligus. Bagaimana caranya?
• Harus layak berita
• Kirim kepada lebih dari 1 majalah
• Tulis dalam surat pengantar, nama majalah2 yg dikirimi artikel ini & sebutkan bahwa hanya 1 majalah yg paling cepat memberikan respons yg boleh memuat berita tersebut dan melakukan wawancara ekslusif
• Follow up dengan telepon
2. Referral
Yang menyentuh market bukanlah kita sendiri. Contohnya adalah member get member.
3. Endorsement
Yang menjual bukanlah kita sendiri. Endorsement hampir sama dengan referral. Perbedaannya, dalam referral biasanya satu orang mengajak seorang lainnya maksimum beberapa orang, sedangkan dalam endorsement satu orang bisa mengajak seribu orang, atau semua orang di dalam kategorinya
4. Advertising
Iklan ada banyak hal, seperti Televisi, Koran Nasional, Koran Lokal, Majalah, Spanduk, Brosur, Baliho, Website, Stiker, Yellow Pages, Radio, Kartu Nama, dll
5. Direct Mail
Biasanya direct mail adalah lebih tepat ke target market dibanding iklan yg siapapun membacanya atau siapapun tidak membacanya. Yang termasuk direct mail adalah Surat, Faksimili, Email, BBM, SMS, Katalog, Stiker Nomor Penting, dll
6. Direct Sales
Direct sales adalah penjualan yg dilakukan secara langsung kepada target market. Orang-orang bagian penjualan adalah salah satu ujung tombak penting dalam pemasaran yg sekaligus merupakan bentuk faktor kali dari penjualan kita. Kita harus selalu memberikan insentif dan training yg memuaskan
7. Direct Agent
Jika produk-produk kita memiliki jangkauan (persebaran) yg luas, sebaiknya di setiap kota kita memiliki agen. Ini bisa dengan Franchise, Cabang, Distributor, Multi Level Marketing, Licensing
8. Host Beneficiary
Anda mempromosikan Produk & Jasa Anda langsung kepada customer perusahaan lain. Contohnya isi ulang pulsa sekian ribu gratis 1 liter pertamaxxxx
9. Telemarketing
Menyentuh target market dengan sepenuhnya menggunakan telepon. Untuk melakukan hal ini diperlukan Sales Script yg benar2 teruji agar telemarketing dapat menyentuh target market yg tepat
10. Joint Venture
Kerjasama dua pihak atau lebih. Joint Venture juga bisa dilakukan dengan kompetitor Anda, jika memang jadwal produksi kita sedang padat, dll. Dengan Begitu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan karena jika suatu ketika jadwal kompetitor kita yg padat, tidak menutup kemungkinan mereka akan melempar (mengingat) kepada Anda
11. Memberikan Seminar
Daripada kita beriklan besar-besaran di sebuah media tanpa fokus pada target market dengan hasil yg tidak optimal, sebaiknya kita melakukan pilar marketing yg kesebelas ini, yakni mengadakan seminar. Dengan memberikan seminar sebenarnya kita dapat lebih fokus pada target market kita (tentu saja jika seminarnya dipersiapkan dengan matang)
12. Canvasing / Booth
Pilar ini sangat tepat jika dilakukan pada target market yg tepat. Cara ini biasanya banyak digunakan oleh mal-mal besar. Contohnya adalah menggunakan Sales Promotion Girl atau SPG.
KLIK SKIP AD JIKA KELUAR IKLAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar